• Posted by : Afid Brilliana Putra Oktober 09, 2014


    Selamat Datang di Indonesia!
    Ungkapan ini lazim disampaikan saat turis asing baru tiba di Indonesia. Mereka akan terus mengingat kalimat pendek tersebut dan juga ungkapan lain yang mengikutinya. Seperti, Selamat Pagi! Apa Kabar? Turis mancanegara sangat menyukai aksen dan sastra bahasa Indonesia.

    Bahasa Indonesia, itulah bahasa kita, bahasa resmi Negara Indonesia. Nah, sahabat Gasa pasti penasaran kan apa itu bahasa? Jadi, menurut wikipedia “Bahasa (dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā) adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks”.

    Bahasa berperan sangat vital dalam peradaban manusia, sehingga kita bisa hidup di zaman serba modern seperti ini.
    Fungsi Bahasa Dalam Masyarakat :
    1. Alat untuk berkomunikasi dengan sesama manusia.

    2. Alat untuk bekerja sama dengan sesama manusia.

    3. Alat untuk mengidentifikasi diri.
    Karena fungsinya yang sangat vital, maka kita harus sadar dengan pentingnya berbahasa, khususnya berbahasa dengan cara yang baik. Kali ini admin akan membahas seberapa pentingnya bahasa dalam kehidupan.

    “Pentingnya Bahasa dalam Kehidupan”
    Manusia tidak dapat lepas dari bahasa. Terbukti dari penggunaannya untuk percakapan sehari-hari, tentu ada peran bahasa yang membuat satu sama lain dapat berkomunikasi, saling menyampaikan maksud. Tak hanya dalam bentuk lisan, tentu saja bahasa juga digunakan dalam bentuk tulisan.

    Pemikiran seseorang tentunya akan lebih mendapat pengakuan ketika sudah “dituliskan” sehingga orang lain yang membaca akan mengetahui apa yang ingin disampaikan seorang penulis. Pada dasarnya seluruh kegiatan manusia akan sangat berkaitan erat dengan bahasa. Entah sekedar bercakap-cakap dengan teman, atau dalam kegiatan formal seperti sekolah, kuliah bahkan dalam pekerjaan. Filsafat juga tidak dapat lepas dari bahasa. 

    Banyak filsuf yang justru mengawali pemikirannya dari problem bahasa. Tentunya bahasa disini bukan berarti sekedar mempelajari tata gramatikal bahasa ataupun bahasa asing, melainkan bagaimana pengertian seseorang dapat terpengaruh ‘hanya’ dari penggunaan kata-kata atau pemikiran. Sangat penting untuk dapat tetap berpikir kritis dalam mengerti ucapan seseorang maupun teks.

    Berbahasa Indonesia dengan "baik dan benar" dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan “bahasa Indonesia yang baik dan benar” mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran. Bahasa yang diucapkan adalah bahasa yang baku.

    Perbandingan kata antara bahasa Indonesia dengan bahasa gaul
    Bahasa Indonesia Bahasa Gaul (informal)
    Aku, Saya                Gue

    Kamu elo

    Di masa depan kapan-kapan

    Apakah benar?          Emangnya bener?

    Tidak Gak

    Tidak Peduli Emang gue pikirin!

    Bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan bahasa yang mudah dipahami.  Bentuk bahasa baku yang sah agar secara luas masyarakat Indonesia berkomunikasi menggunakan bahasa nasional.

    Dalam penerapannya sehari-hari, banyak sekali orang Indonesia yang tidak menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, mereka tidak menggunakan bahasa nasional yang baku dan seringkali menggunakan bahasa gaul, bahkan sekarang ini ada bahasa alay yang merusak kemurnian Bahasa Indonesia.

    Beberapa Fakta Tentang Bahasa Indonesia
    Percaya tidak, kalau sekarang ini bahasa Indonesia sudah dipelajari di lebih dari 45 negara di dunia? Nah, ini adalah beberapa fakta tentang bahasa Indonesia.


    1. Negara yang mempelajari bahasa Indonesia yaitu: Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya. Di Australia, bahasa Indonesia menempati posisi ke-4 terpopler dan sekitar 500 sekolah disana mengajarkan bahasa Indonesia. 
    2. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi kedua di Kota Ho Chi Minh, Vietnam. 
    3. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi untuk ASEAN. 
    4. Wikipedia Indonesia (bahasa Indonesia) meraih peringkat ke-26 dari ratusan bahasa di seluruh dunia. 
    5. Bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan pada wordpress. 
    6. Lidah orang yang berbahasa Indonesia adalah lidah yang paling fleksibel untuk berbahasa asing lainnya. 

    Dan fakta terakhir yang tidak kalah hebohnya adalah ...


    BAHASA INDONESIA, (ucapkan seperti host silet) di negaranya sendiri justru tidak digunakan dengan semestinya.

    Nah, sudah tahu kan kehebatan bahasa tanah air kita, Indonesia!
    Jadi, berbanggalah selalu terhadap bahasa Indonesia, tidak lagi hanya mimpi kalau suatu saat bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa internasional.

    Sebagai bentuk cinta kita terhadap tanah air hendaknya kita menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, karena sebenarnya bahasa Indonesia adalah bahasa yang luar biasa. Dan jangan berbahasa Indonesia dengan bahasa yang tidak baik benar, karena 
    BAHASA INDONESIA ITU JELEK KALAU TIDAK DITERAPKAN DENGAN BAIK DAN BENAR!!!!


    ________________________________________________________________
    (Afid Brilliana/brilliantaplex.blogspot.com)
    Seorang siswa yang sederhana. Kini mengelola blog Brilliana dan author JKT48Inside Blog. Tercatat admin di @RealJKT48Inside dan memiliki akun youtube resmi perusahaan di Multimedia Pictures inc. (youtube.com/MultimediaPicture)

    { 1 komentar... read them below or add one }

  • Copyright © 2014 - Hyperdimension Neptunia

    Galaxy of Picasa - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Author by Afid Brilliana