• Posted by : Afid Brilliana Putra Oktober 17, 2014

    Kamu kok nggak peka sih?
    Itulah ungkapan yang sering dilontarkan kaum hawa kepada kaum adam. Dalam hal apapun, situasi apapun, dan waktu kapanpun. Itu semua adalah bentuk dari upaya mencari perhatian.


    Istilah 'peka' sebenarnya sudah tepat digunakan. Peka sendiri memiliki arti mampu menanggapi rangsang. Peka dapat juga dapat diartikan sebagai reaksi yang diberikan ketika terjadi penyampaian informasi.



    Informasi bisa berupa apapun. Tersirat maupun tersurat. Nah, bahasa Indonesia adalah bahasa yang tepat dalam mengungkapkan banyak makna tersirat dan tersurat. Lalu hubungannya apa?



    Ketika sahabat Galaxy berpikir bahwa bahasa Indonesia itu terlalu kaku untuk diungkapkan, ternyata tidak. Justru banyak ungkapan asyik yang tetap menekan kaidah kebahasaan. Cobalah untuk mencari perhatian dengan cara unik!



    Berbahasa!!

    Bahasa Indonesia!!!


    Banyak orang yang terkenal dengan berkarya lewat sastra. Lihat saja Chairil Anwar dengan segudang 'binatang jalang'nya. Lalu apa yang membuat sahabat menunggu. Ayo kita gelorakan semangat berbahasa Indonesia untuk menggenggam dunia.



    Kalian kok gak peka sih?

    Ayo! Indonesia Bisa!


    Pernah membaca Trilogi novel Negeri 5 Menara? Lihatlah background sang penulis yang seorang wartawan. Seorang wartawan tentulah harus menguasai bahasa Indonesia dengan baik. Tapi lihat! Dengan kemampuan bahasa itulah mereka semua mampu untuk mengukir prestasi di kancah Internasional.



    Ayo dong peka!!!



    Seorang pembaca berita atau presenter juga seorang ahli bahasa. Editor majalah juga ahli bahasa. Duta Besar harus pandai berbahasa, seorang guru jago menjelaskan karena bahasa, seorang Juru Bcara haruslah mengerti tentang bahasa. Dan Seorang Presiden haruslah lebih hebat dalam berbahasa.



    Nah, semakin peka kan? Bahasa itu juga butuh kepekaan. Karena kepekaan terhadap bahasa lah kita akan mengerti bagaimana bahasa itu digunakan.


    Bersambung ...


    ________________________________________________________________
    (Afid Brilliana/brilliantaplex.blogspot.com)
    Seorang siswa yang sederhana. Kini mengelola blog Brilliana dan menjadi author di JKT48Inside Blog. Tercatat masih berstatus admin di @RealJKT48Inside dan memiliki akun youtube resmi perusahaan di Multimedia Pictures inc. (youtube.com/MultimediaPicture)

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © 2014 - Hyperdimension Neptunia

    Galaxy of Picasa - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Author by Afid Brilliana